Amèn, Arena Praktis Calon Dalang Wayang Jèkdong

: Ruang Sidang I FIB UGM
: Kamis, 17 Oktober 2013 Pukul 11.00-selesai
: Dr. Wisma Nugraha Christianto R., M.Hum
caption

INTISARI

Amèn merupakan perjalanan keliling antardesa untuk mempergelarkan lakon wayang kulit purwa yang dilaksanakan oleh seorang cantrik calon dalang Wayang Jèkdong dalam tradisi Jawatimuran. Pergelaran lakon dilaksanakan di suatu tempat terbuka seijin penguasa daerah setempat dan atau di rumah seseorang yang berkenan menerima rombongan amèn. Tujuan amèn untuk memperkenalkan diri seorang cantrik dhalang kepada warga masyarakat sekaligus menunjukkan hasil belajar mendalang. Di samping itu, amèn merupakan strategi diseminasi proses penguasaan lakon-lakon wayang, strategi mengenal wilayah dan sekaligus membuka wilayah pemasaran pergelaran wayang jèkdong.

Amèn mengandung makna kompleks bagi seorang cantrik dalang. Proses mengamen merupakan proses pergulatan mengenal secara nyata dunia sosial, ekonomi, dan varian budaya. Seorang cantrik mengalami langsung bagaimana harus mengelola dan bekerja sama dengan pendukung amèn, bagaimana melakukan negosiasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, bagaimana mengelola bekal pengetahuan pedalangan untuk dipraktikkan dalam berbagai kondisi sosial dan varian budaya. Oleh karena itu, amèn dapat dipahami sebagai strategi pemasaran pergelaran wayang jèkdong. Suatu upaya perjuangan menghimpun modal sosial bagi seorang calon dalang, sekaligus upaya menambah modal budaya dalam wujud pengayaan lakon-lakon wayang dalam aneka resepsi sosial dan varian budaya dalam praktik tradisi menanggap wayang.

Amèn dilakukan pula oleh beberapa dalang sepanjang musim penghujan karena mereka jarang memperoleh permintaan pergelaran seni. Musim penghujan, bagi petani, merupakan masa konsentrasi pengelolaan modal ekonomi untuk lahan pertanian dan perikanan. Oleh karena itulah, beberapa rombongan seni pertunjukan tradisi Jawatimuran sering melakukan perjalanan amèn demi kesinambungan hidupnya. Realitas seperti inilah yang menjadikan para cantrik calon dalang harus bertaruh di arena praktik pergelaran lakon wayang berhadapan dengan para seniornya.

Lastest News